Tools

thumbnail

5 Karakteristik Digunakan Dalam Mengevaluasi Kualitas Jasa/Produk

Lima kelompok karakteristik yang digunakan pelanggan dalam mengevaluasi kualitas jasa/produk yaitu:

1. Bukti fisik (tangibles)
Yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak eksternal. Penampilan dan kemampuan 
sarana dan prasarana fisik perusahaan dan keadaan lingkungan sekitarnya adalah bukti nyata yang diberikan oleh pemberi jasa, meliputi fasilitas fisik (gedung, gudang, dan lain-lain), perlengkapan, dan peralatan yang digunakan, serta penampilan dari pegawainya, sarana komunikasi.
2. Keandalan (reliability)
Yaitu kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai dengan harapan pelanggan yang berarti ketepatan waktu, pelayanan yang sama untuk semua pelanggan tanpa kesalahan, sikap yang simpatik dengan akurasi yang tinggi. 
3. Daya Tanggap (responsiveness)
Suatu kemauan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat pada pelanggan, dengan penyampaian informasi yang jelas dengan kata lain keinginan para staf dan karyawan untuk membantu para pelanggan (pengunjung) dan memberikan pelayanan dengan tanggap.
4. Jaminan (assurance)
Pengetahuan, kesopan santunan dan kemampuan para pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya pelanggan pada perusahaan. Beberapa komponennya antara lain komunikasi, kreditabilitas, keamanan, kompetensi, sopan santun, bebas dari bahaya, resiko dan keragu-raguan.
5. Empati (empathy)
Perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada pelanggan dengan berupaya memahami keinginan konsumen. Meliputi kemudahan dalam hubungan, komunikasi yang baik, perhatian pribadi dan memahami kebutuhan para pelanggan.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About

Total Pageviews