Tools

thumbnail

Istilah dan Pengertian Fasilitas Wisata

Fasilitas wisata merupakan sarana penunjang yang dapat menciptakan rasa menyenangkan yang disertai dengan kemudahan dan pemenuhan kebutuhan wisatawan dalam menikmati produk wisata yang ditawarkan

         Fasilitas  wisata  dapat  diartikan  suatu  sarana  dan  prasarana  yang  harus disediakan  oleh  pengelola  untuk  kebutuhan  wisatawan.  Kebutuhan  wisatawan tidak  hanya  menikmati  keindahan  alam  atau  keunika  objek  wisata  melainkan memerlukan sarana dan prasarana wisata seperti akomodasi (sarana kebersihan, kesahatan, kemanan, komunikasi, tempat hiburan, hotel/penginapan, restoran, dan toko cindera mata), transportasi (jalan alternatif, aspal, hotmik dan jalan setapak), kendaraan  (angkutan  umum,  becak,  ojeg  dan  sepeda)  dan  lain-lain  (mushola, tempat parkir, MCK dan shetler).

Prasarana adalah semua hasil kontruksi fisik, baik yang ada di atas maupun di bawah tanah, diperlukan sebagai prasyarat untuk pembangunan, diantaranya dapat berupa pembangkit tenaga listrik, fasilitas kesehatan, dan pelabuhan. Sarana (suprastucture) adalah segala sesuatu yang dibangun dengan memanfaatkan prasarana.
          Sarana  tersebut  merupakan  kebutuhan  penting  bagi  para  wisatawan. Apabila  tersedia  dengan  baik,  para  wisatawan  akan  merasa  nyaman  dalam melakukan berbagai aktifitas lainnya. Sunaryo (2013:138),  mengemukakan  definisi  sarana  prasarana sebagai partisipasi masyarakat sebagai berikut :
  • Prasarana kepariwisataan (tourism infrastructures) adalah semua fasilitas yang memungkinkan agar sarana kepariwisataan dapat hidup dan berkembang  serta dapat memberikan pelayanan pada wisatawan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang beranekaragam.
  • Prasarana umum: jalan, air bersih, terminal, lapangan udara, komunikasi dan listrik.
  • Prasarana yang menyangkut ketertiban dan keamanan agar kebutuhan terpenuhi dengan baik seperti apotik, kantor pos, bank, rumah sakit, polisi, dan lain-lain.
  • Sarana kepariwisataan (tourism superstructure) adalah perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan kepada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak  tergantung pada kedatangan wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangannya wisatawan. Sarana kepariwisataan dapat berupa :
  • Sarana pokok. Sarana   pokok   kepariwisataan   adalah   perusahaan   yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung kepada arus kedatangan wisatawan. Termasuk didalamnya travel agen, transportasi, akomodasi, dan restoran.
  • Sarana pelangkap. Sarana pelengkap kepariwisataan adalah perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang menyedihkan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan, tetapi yang terpenting adalah untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada suatu daerah tujuan wisata.
  • Sarana Sarana  penunjang kepariwisataan adalah perusahaan adalah perusahaan yang menunjang sarana pelengkap dan sarana pokok serta berfungsi tidak hanya       membuat wisatawan lebih lama tinggal pada suatu daerah tujuan wisata, tetapi fungsi lebih penting adalah agar wisatawan lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjunginya.

1)   Prasarana Perekonomian (Economic Infrastrusture), yang dapat
     dibagi atas:
a)    Pengangkutan (transparation)
b)   Prasarana komunikasi
c)    Kelompok yang termasuk dalam “ UTILITIES
d)   Sistem perbankan

2)  Prasarana Sosial
a)    Sistem pendidikan
b)   Pelayanan kesehatan
c)    Faktor keamanan
d)   Petugas yang langsung melayani wisatawan (government 
                             apparatur).


          Berdasarkan pembagian sarana dan prasarana tersebut dapat disimpulkan bahwa prasarana dibagi atas dua yaitu prasarana perekonomian dan prasarana sosial. Prasarana sosial menyangkit didalamnya alat transportasi yang digunakan untuk mencapai kawasan objek wisata, prasarana komunikasi untuk mengetahui keberadaan kawasan objek wisata. Sedangkan prasarana sosial diantaranya mencakup sistem pendidikan yang dapat menentukan kualitas sumber daya manusia, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada wisatawan, faktor keamanan yang dapat membuat wisatawan merasa aman berada di objek wisata dan pelayanan yang diberikan oleh petugas secara langsung.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About

Total Pageviews