Fasilitas wisata merupakan sarana penunjang yang dapat menciptakan rasa menyenangkan yang disertai dengan kemudahan dan pemenuhan kebutuhan wisatawan dalam menikmati produk wisata yang ditawarkan
Fasilitas wisata
dapat diartikan suatu
sarana dan prasarana
yang harus disediakan oleh
pengelola untuk kebutuhan
wisatawan. Kebutuhan wisatawan tidak hanya
menikmati keindahan alam
atau keunika objek
wisata melainkan memerlukan sarana dan
prasarana wisata seperti akomodasi (sarana kebersihan, kesahatan, kemanan,
komunikasi, tempat hiburan, hotel/penginapan, restoran, dan toko cindera mata),
transportasi (jalan alternatif, aspal, hotmik dan jalan setapak), kendaraan (angkutan
umum, becak, ojeg
dan sepeda) dan
lain-lain (mushola, tempat parkir, MCK dan shetler).
Prasarana adalah semua hasil kontruksi fisik, baik yang ada di atas
maupun di bawah tanah, diperlukan sebagai prasyarat untuk pembangunan,
diantaranya dapat berupa pembangkit tenaga listrik, fasilitas kesehatan, dan
pelabuhan. Sarana (suprastucture) adalah segala sesuatu yang dibangun
dengan memanfaatkan prasarana.
Sarana
tersebut merupakan kebutuhan
penting bagi para
wisatawan. Apabila tersedia dengan
baik, para wisatawan
akan merasa nyaman
dalam melakukan berbagai aktifitas lainnya. Sunaryo (2013:138), mengemukakan
definisi sarana prasarana sebagai partisipasi masyarakat
sebagai berikut :
- Prasarana kepariwisataan (tourism infrastructures) adalah semua fasilitas yang memungkinkan agar sarana kepariwisataan dapat hidup dan berkembang serta dapat memberikan pelayanan pada wisatawan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang beranekaragam.
- Prasarana umum: jalan, air bersih, terminal, lapangan udara, komunikasi dan listrik.
- Prasarana yang menyangkut ketertiban dan keamanan agar kebutuhan terpenuhi dengan baik seperti apotik, kantor pos, bank, rumah sakit, polisi, dan lain-lain.
- Sarana kepariwisataan (tourism superstructure) adalah perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan kepada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangannya wisatawan. Sarana kepariwisataan dapat berupa :
- Sarana pokok. Sarana pokok kepariwisataan adalah perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung kepada arus kedatangan wisatawan. Termasuk didalamnya travel agen, transportasi, akomodasi, dan restoran.
- Sarana pelangkap. Sarana pelengkap kepariwisataan adalah perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang menyedihkan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan, tetapi yang terpenting adalah untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada suatu daerah tujuan wisata.
- Sarana Sarana penunjang kepariwisataan adalah perusahaan adalah perusahaan yang menunjang sarana pelengkap dan sarana pokok serta berfungsi tidak hanya membuat wisatawan lebih lama tinggal pada suatu daerah tujuan wisata, tetapi fungsi lebih penting adalah agar wisatawan lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjunginya.
1)
Prasarana
Perekonomian (Economic Infrastrusture), yang dapat
dibagi atas:
a)
Pengangkutan
(transparation)
b)
Prasarana
komunikasi
c)
Kelompok
yang termasuk dalam “ UTILITIES”
d)
Sistem
perbankan
2) Prasarana Sosial
a)
Sistem
pendidikan
b)
Pelayanan
kesehatan
c)
Faktor
keamanan
d)
Petugas
yang langsung melayani wisatawan (government
apparatur).
Berdasarkan pembagian sarana dan
prasarana tersebut dapat disimpulkan bahwa prasarana dibagi atas dua yaitu prasarana
perekonomian dan prasarana sosial. Prasarana sosial menyangkit didalamnya alat
transportasi yang digunakan untuk mencapai kawasan objek wisata, prasarana
komunikasi untuk mengetahui keberadaan kawasan objek wisata. Sedangkan
prasarana sosial diantaranya mencakup sistem pendidikan yang dapat menentukan
kualitas sumber daya manusia, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada
wisatawan, faktor keamanan yang dapat membuat wisatawan merasa aman berada di
objek wisata dan pelayanan yang diberikan oleh petugas secara langsung.
Subscribe by Email
Follow Updates Articles from This Blog via Email
No Comments